Jupiter Z 2011



ADA yang menarik dari tampilan Yamaha Jupiter Z 2011. Lampu utama menyala otomatis ketika mesin sepeda motor dihidupkan. Konsep serupa sudah ditawarkan oleh motor bebek Suzuki Axelo yang digelontorkan ke pasar pada awal Januari 2011.
Iklan Jupiter Z versi 2011 yang terpampang di situs resmi PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) menyebutkan, motor bermesin 115cc itu dilengkapi dengan safety headlight system. Tulisan di dalam iklan itu menegaskan, inovasi baru, lampu depan sistem daytime running light(DRL), otomatis menyala saat mesin motor dinyalakan.
Bahkan, kalimat dalam iklan tersebut menguraikan bahwa DRL membuat posisi berkendara Anda mudah terlihat oleh pengendara lain dan memperkecil risiko berkendara di jalan raya.
“Untuk motor Yamaha yang diproduksi di Indonesia, Jupiter Z merupakan yang pertama,” papar Paulus S Firmanto, Paulus S Firmanto Marketing Communication and Community ManagementPT Yamaha Motor Kencana Indonesia, dalam pesan tertulisnya kepada saya, di Jakarta, Senin (7/2/2011).
Seperti diuraikan Paulus sebelumnya, tahun ini, YMKI menargetkan sekitar 50% dari produk mereka akan memakai sistem DRL.
Ketentuan menyalakan lampu utama bagi pemotor tertuang di dalam Undang Undang No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Dalam aturan tersebut, tercantum pula sanksi bagi pemotor yang tak menyalakan lampu utama pada siang hari. tinggal dipilih, sanksi denda maksimal Rp 250 ribu atau sanksi kurungan pidana maksimal satu bulan.
Jupiter Z merupakan salah satu andalan YMKI di lini bebek. Pada 2010, Jupiter Z bersaing ketat dengan Honda Supra X 125. Jupiter Z memiliki pangsa pasar mendekati 17%, sedangkan Honda Supra X menguasai sekitar 18%