Penjualan Skutik Yamaha Turun

Yamaha Mio CW. (istimewa)

PADA Senin (28/3/2011) dan Selasa (30/2/2011), saya menulis tentang sosok sepeda motor skutik suzuki dan honda. Rasanya tak elok jika tak dilengkapi dengan sosok motor skutik yamaha. Ketiga pemain skutik ini merajai hampir 100% pasar skutik domestik.
Dari enam anggota Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi), ketiga pabrikan tersebut tergolong super serius menggarap pasar motor skutik. Dalam lima tahun terakhir, yamaha yang dibesut PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) menjadi pemimpin pasar. Memasuki 2011, kondisi berbalik, YMKI disodok oleh PT Astra Honda Motor (AHM), produsen motor skutik honda. Adakah YMKI terlena?
Persaingan di antara ketiga produsen motor skutik itu nyaris tergolong sengit pada awal 2011. Namun, siapa nyana, yamaha yang amat dominan sepanjang 2005-2010, harus tergeser pada 2011, setidaknya, pada periode Januari-Februari.
YMKI sempat melenggang sendirian pada 2005. Maksudnya, dari ketiganya, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dan AHM belum melempar produk motor skutik ke pasar domestik. Praktis yamaha mendominasi penuh.

Gempuran Kompetitor
Kerasnya denyut gempuran dari produk kompetitor yamaha mulai terasa memasuki tahun 2010. Jarak antara YMKI dengan AHM di segmen motor skutik terpaut hanya sekitar 4%. Merupakan jarak terpendek sepanjang sejarah persaingan bisnis skutik dari rentang waktu 2006-2010.
Pada 2010 itu pula, AHM melengkapi peluru skutik menjadi empat merek dengan enam varian. Konsumen tinggal memilih mau tipe skutik konvensional, modern, hingga retro modern. Sedangkan YMKI bermain melalui tiga merek skutik dengan empat varian. Pada 2010 itu pula, YMKI menelorkan Yamaha Xeon, skutik berbalut mesin 125cc.
Sementara itu, SIS masih tenang-tenang saja dengan tiga mereknya. Pada 2010, SIS tak memiliki greget berarti. Justeru, memasuki akhir triwulan pertama 2011, persisnya 31 Maret 2011, SIS meluncurkan skutik Suzuki Hayate. Peluncuran ini tentu saja tak terlepas dari strategi SIS untuk merawat kesetiaan konsumen sekaligus memperbaiki penguasaan pangsa pasar di pasar domestik. Kita tahu, pada Januari-Februari 2011, SIS hanya mampu bermain di sekitar 3%.
Ya. Pada Januari-Februari 2011 ini pula, AHM menggeser YMKI dari singasana motor skutik. AHM menguasai sekitar 52%, sedangkan YMKI melorot menjadi sekitar 44%. Yamaha tertinggal sekitar 8%.
YMKI tak boleh terlena. Itu dengan catatan, jika ingin kembali merebut singasana motor skutik. Jangan lupa, saat ini, dari tiga tipe motor di pasar Indonesia, tipe skutik sedang naik daun. Pangsa pasar motor skutik telah melampaui motor bebek. Ini sejarah baru mengingat selama ini tipe bebeklah yang mendominasi pasar.
Artinya, pabrikan yang bisa merebut pasar skutik dan tentu saja didukung kekuatan di bebek, bakal bisa merebut tropy volume penjualan terbesar. Tak heran, jika hari ini, SIS meluncurkan Suzuki Hayate.